IR NEWS

24 Maret 2021

(Sumber: https://www.aa.com.tr/en/asia-pacific/north-korea-cuts-ties-with-malaysia-in-extradition-row/2181259)

Pada jumat lalu (19/03/2021), Korea Utara mengumumkan melalui Kementrian Luar Negeri tentang pemutusan hubungan diplomatik antara Korea Utara dengan Malaysia. Melansir Detik, Kementrian Luar Negeri Korea Utara mengumumkan secara langsung bahwa Korea Utara secara resmi melakukan pemutusan total hubungan diplomatik dengan Malaysia. Pernyataan ini juga di ikuti ancaman yang mereka sebut sebagai tindakan permusuhan yang dilakukan Malaysia terhadap Korea Utara karena tunduk pada tekanan Amerika Serikat (AS). Kejadian ini bermula ketika pihak berwenang Malaysia menangkap salah satu warga Korea Utara pada desember 2019 atas tuduhan pencucian uang melalui suatu perusahaan dan mengeluarkan dokumen palsu yang mendukung pengiriman ilegal ke Korea Utara.[1]

Tepatnya pada tanggal 3 Maret 2021, seorang pria berkewarganegaraan Korea Utara, Mun Chol Myong telah kalah banding dalam pengadilan terakhirnya di Pengadilan Tinggi Malaysia yang dimana akan di ekstradisi ke AS untuk melanjutkan tuduhan atas pencucian uang. Dalam hal ini Mun menghadapi empat dakwaaan pencucian uang dan dua dakwaan konspirasi pencucian uang. Pada kasus yang lain, diketahui terdapat pengiriman barang-barang mewah termasuk minuman keras dan jam tangan dari Singapura ke Korea Utara.[2]

Pada minggu lalu, Pengadilan Federal Malaysia menyetujui ekstradisinya ke AS, setelah pernyataan Pyongyang bahwa tuduhan tersebut adalah pemalsuan yang tidak masuk akal dan menyebutkan bahwa pria tersebut terlibat dalam aktivitas perdagangan yang sah di Singapura.[3] Pada pengadilan tersebut, Mun membantah klaim FBI terkait keterlibatannya dalam memimpin kelompok kriminal yang melanggar sanksi dengan memasok barang terlarang ke Korea Utara dan melakukan pencucian dana melalui suatu perusahaan.

(Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20210321072749-106-620074/kronologi-malaysia-usir-dubes-korea-utara)

Kementrian Luar Negeri Malaysia sempat merasa kecewa atas keputusan yang dibuat oleh Korea Utara, kekecewaan ini disampaikan melalui sebuah pernyataan resmi “Malaysia juga selalu berusaha memperkuat hubungan diplomatik, walaupun setelah kejadian pembunuhan terhadap Kim Jong Nam pada 2017. Keputusan Korea Utara untuk mengakhiri hubungan diplomatik menganggu perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan kawasan,” ujarnya.

  1. https://news.detik.com/internasional/d-5499143/korea-utara-putuskan-hubungan-diplomatik-dengan-malaysia
  2. https://www.cnnindonesia.com/internasional/20210321072749-106-620074/kronologi-malaysia-usir-dubes-korea-utara
  3. https://www.aa.com.tr/en/asia-pacific/north-korea-cuts-ties-with-malaysia-in-extradition-row/2181259

Abu Dzar A.G. Wicaksana (2021)

 

0Shares

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *