Muhammad Faizul Hafizi

(2022)

            Tulisan ini akan membahas tentang sudah sejauh mana peran Indonesia dalam politik internasionalnya sebagai upaya menciptakan perdamaian dunia dan sudah seberapa tanggapkah Indonesia dalam mengatasi serta menyelesaikan permasalahan yang berkaitan erat dengan perdamaian dunia, yang mana belakangan ini masih terdapat banyak konflik antar negara yang menyebabkan dunia belum bisa dikatakan damai. Hampir seluruh negara di dunia menginginkan perdamaian di negaranya, mereka berusaha mencapai perdamaian dengan bersekutu bersama negara lain yang dapat diajak bekerja sama. Persekutuan ini tidak bisa mencipatakan perdamaian sebab ada pihak yang dianggap sebagai “musuh bersama” bagi negara yang bersekutu.

            Posisi Indonesia sebagai negara Non-Blok merupakan suatu hal yang patut dibanggakan sebab gerakan Non-Blok dengan asas bebas aktif mendukung posisi geografis Indonesia yang strategis (Ega, 2022).  Komitmen Indonesia untuk menjaga perdamaian dunia secara jelas tertera dalam pembukaan UUD 1945. Dalam hubungan luar negeri, posisi Indonesia cukup diperhitungkan terutama oleh negara-negara anggota ASEAN.

            Keunggulan-keunggulan Indoneia yang telah dijabarkan di atas menarik penulis untuk membahas tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia. Penulis meyakini bahwa, dalam waktu dekat, Indonesia akan menjadi negara yang maju karena dunia melihat Indonesia sangat serius dan berperan aktif dalam mewujudkan misi seluruh perdamaian dunia. Penulis juga akan memaparkan hal-hal apa saja yang telah dilakukan Indonesia dalam menerapkan politik internasionalnya dalam rangka menciptakan perdamaian dunia. Penulis juga akan memaparkan pendapat penulis tentang hal-hal apa saja yang menjadi pendukung dan kendala Indonesia dalam menerapkan perdamaian dunia. Selain itu, penulis juga memasukkan beberapa hal dalam tulisan opinion ini, yaitu tentang apa saja hal yang akan dan telah dilaksanakan Indonesia dalam rangka menjunjung tinggi dan menciptakan perdamaian dunia. Kemudian, apakah Indonesia dinilai sudah berhasil dalam menciptakan perdamaian dunia? Bagaimana Indonesia dapat dikatakan berhasil dalam menciptakan perdamaian dunia? Apa saja peran Indonesia yang telah terlaksana dalam mewujudkan perdamaian dunia? Dan rencana apakah yang akan dijalankan oleh Indonesia ke depannya dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia? Serta bagaimana pendapat penulis tentang Indonesia selaku negara yang menjunjung tinggi perdamaian dunia.

Peran Indonesia untuk Perdamaian Dunia

            Peran Indonesia untuk menerapkan perdamaian dunia tercantum dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 alinea ke-4  yang menyatakan bahwa, Indonesia akan ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Bukan hanya itu, politik internasional Indonesia melalui hubungan internasionalnya juga berperan aktif dalam menjunjung perdamaian dunia, yaitu Indonesia berpartisipasi aktif dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa yang merupakan organisasi internasional dengan misi untuk menerapkan perdamaian dunia. Selain itu, pada lingkup regional, dalam menjalankan politik internasionalnya Indonesia juga berperan aktif dalam ASEAN dan merupakan negara yang memperkasai gerakan Non-Blok yang mana gerakan Non-Blok ini menjadi nilai jual tersendiri bagi Indonesia.

            Bukti Indonesia telah mengupayakan perdamaian dunia dapat dengan mudah kita jumpai dari peran aktif Indonesia dalam organisasi internasional untuk mencapai perdamaian dunia ataupun langsung turut andil dan bertindak secara cepat dalam mengatasi masalah atau konflik yang dialami oleh negara-negara di dunia. Indonesia juga sudah sering meluncurkan Pasukan Garuda sebagai pasukan perdamaian ke negara-negara yang sedang berkonflik. Pengiriman Pasukan Garuda sudah dimulai sejak awal Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya dengan mengirimkan Kontingen Garuda I pada tahun 1957 ke Mesir hingga pada tahun 2013 Indonesia mengirimkan Kontingen Garuda XXXII ke Haiti. Upaya Indonesia untuk menjaga perdamaian dunia juga terlihat pada gerakan Non-Blok yang tidak memihak pada blok negara manapun, dengan GNB Indonesia berada di posisi netral yang meminimalisasi pertentangan dengan negara lain yang condong ke salah satu blok. Selain itu, Indonesia selaku salah satu negara perintis Konferensi Asia-Afrika juga turut andil dalam mewujudkan perdamaian dunia. Contohnya baru-baru ini dengan diadakannya G20 Konferensi Asia-Afrika di Indonesia, dapat dikatakan bahwa upaya Indonesia dalam menggapai cita-citanya untuk mewujudkan perdamaian dunia sudah sangat besar. Selanjutnya, Indonesia yang diwakili langsung oleh presiden Joko Widodo baru-baru ini juga mengadakan kunjungan ke Ukraina dan Rusia yang sempat berkonflik pada awal tahun 2021. Indonesia yang diwakili oleh Presiden Joko Widodo berkunjung ke kedua negara tersebut untuk membawa misi perdamaian dan juga membawa bantuan kepada korban-korban yang terdampak akibat perang pada bulan Juni tahun 2022.

Sumber : Instagram @Jokowi

            Upaya yang akan dilakukan Indonesia selanjutnya untuk mewujudkan perdamaian dunia adalah dengan mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia (Menlu, 2014). Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas, maka diterapkannya poros maritim dapat menunjang kemandirian Indonesia baik di bidang politik maupun pada bidang-bidang lain yang dapat mendorong terwujudnya konektivitas maritim (KKP, 2017), dengan memfasilitasi pembangunan jalur laut serta kerja sama dengan negara-negara kepulauan dan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia dalam rangka mewujudkan perdamaian dunia. Tentunya bukanlah hal yang mudah dalam menerapkan upaya ini, Indonesia butuh banyak biaya untuk membangun infrastruktur yang menjamin agar konektivitas antar negara kepulauan bisa terealisasi dengan baik. Terakhir, upaya yang akan dilakukan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia adalah dengan melakukan peningkatan dalam bobot internasional Indonesia pada diplomasi internasionalnya, yaitu dalam bidang ekonomi, politik, dan keamanan.

Kesimpulan

            Dengan dipaparkannya tulisan di atas, penulis sangat meyakini bahwa peran dan posisi Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia sudah dapat dikatakan cukup maksimal, tinggal memoles dan melengkapi beberapa kekurangan yang ada. Akan tetapi, peran dan upaya yang sudah dijalankan oleh Indonesia selama ini untuk mewujudkan perdamaian dunia belum cukup untuk mewujudkan perdamaian dunia yang menjadi misi utama seluruh negara di dunia. Namun, penulis sangat yakin dalam beberapa waktu ke depan, Indonesia dapat mewujudkan perdamaian tersebut dengan menerapkan hal-hal yang masih kurang maksimal dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia. Indonesia sangat baik dalam penanganan dan keikutsertaan dalam mewujudkan perdamaian dunia, hanya masalah waktu yang menggiring Indonesia untuk dapat menjadi negara yang dapat mewujudkan perdamaian dunia tersebut. Terakhir, penulis menekankan Indonesia agar tetap konsisten untuk ke depannya dalam mewujudkan misi perdamaian dunia, serta lebih berperan aktif lagi dalam melengkapi kekurangan-kekurangan yang menjadi penghambat terwujudnya perdamaian dunia tersebut. Penulis meyakini bahwa Indonesia dapat melakukan hal tersebut.

Seluruh pandangan dari tulisan ini merupakan opini pribadi penulis dan tidak merepresentasikan PCD Studies Center.

0Shares
Kategori: Opinion

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *